Category Archives: Museum Indonesia

Museum Indonesia Jakarta Sebagai Warisan Bangsa

Museum Indonesia Jakarta, salah satunya terletak di Kota Tua Jakarta. Jakarta merupakan Ibukota dari Indonesia. Jakarta memiliki museum sebagai penyimpanan peninggalan sebagai objek-objek sumber ilmu pengetahuan. Anda dapat berkujung di museum ini bersama keluarga meskipun hanya untuk jalan-jalan, bersantai, atau untuk mengabadikan moment bersama pasangan anda. Museum sejarah Jakarta, merupakan salah satu musium yang ada di Jakarta. Dimana gedung tersebut dulunya adalah stadhius atau bahasa Belanda sebagai Balai Kota. Museum ini dibangun pada tahun 1707 – 1710, bangunan tersebut menyerupai Istana Dam yang ada di Amsterdam. Ruangan tersebut digunakan sebagai ruang pengadilan, kantor, dan ada juga ruangan bawah tanah.

Museum Wayang, museum tersebut merupakan museum yang berlokasi di Jakarta Barat. Museum ini telah mengalami perombakan selama berkali-kali karena ada suatu hal yaitu bencana alam gempa bumi. Museum Nasional Republik Indonesia merupakan salah satu museum yang dimiliki Indonesia yang letaknya berada di Jakarta. Museum ini biasa disebut dengan nama Museum Gajah, Museum Gajah terlahir pada tahun 1778 tepatnya yaitu pada tanggal 24 April. Tempat ini digunakan untuk mengoloeksi buku dan benda-benda budaya. Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan museum yang letaknya di seberang Museum Sejarah Jakarta. Gedung tersebut awalnya digunakan sebagai kantor Dewan Kehakiman pada tahun 1970. Namun setelah tahun 1944 setelah mengalami perjuangan kemerdekaan, dimanfaatkan sebagai asrama militer TNI. Museum Indonesia Jakarta tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi anda yang menyukai nilai sejarah.

Selain itu masih ada juga Museum Indonesia Jakarta tentunya lebih banyak dan menarik lagi. Seperti Museum Taman Prasasti, dimana museum ini menampilkan karya seni pada masa lampau tentang kecanggihan para pematung yang membuatnya. Karena tidak hanya itu saja sastrawan yang membuat seni tersebut, kaligrafer juga salah satu hasil karya sastrawan masa dulu. Untuk saat ini isi dari museum tersebut adalah prasasti pada masa peninggalan Belanda, Inggris, dan Indonesia. Museum Kebangkitan Nasional, dimana untuk isi museum tersebut adalah perlengkapan kesehatan, gantungan lonceng, patung, lukisan, pakaian, senjata, dll.