Category Archives: Museum Indonesia

Museum Transportasi Malang Dengan Suasana Theme Park

Museum Transportasi Malang atau yang biasanya dikenal dengan naman museum angkut ini merupakan salah satu destinasi yang menarik yang dapat anda kunjungi jika anda berada di batu malang. Museum ini berisikan koleksi bermacam-macam sarana transportasi atau angkutan baik itu yang berasal dari Indonesia sendiri maupun moda transportasi yang sudah terkenal di dunia. Museum ini berdiri diatas tanah seluas 3,8 Ha, yang mana museum ini dikelola oleh Jatim park group, museum transportasi ini mempunyai tempat yang ada pada indoor dan ada juga outdoor untuk memamerkan koleksinya, museum angkut atau museum transportasi ini mulai dibuka pada tahun 2014 tepatnya sejak tanggal 9 maret. Banyak orang yang sudah pernah berkunjung ke museunm ini dan menyebut bahwa ketika mereka masuk ke area museum ini suasananya tidak terasa seperti museum, namun lebih seperti theme park. Hal tersbut memang betul adanya sehingga museum ini lebih menarik untuk dikunjungi dan menjadi tempat untuk pembelajaran tentang sejarah moda transportasi atau angkutan kepada anak-anak.

Karena dirancang sedemikian rupa hingga menyerupai theme park, maka pada Museum Transportasi Malang ini kita bisa melihat dan menyaksikan beberapa pertunjukan yang disediakan oleh Agen Bola Online pihak pengelola. beberapa pertunjukan tersebut seperti super hero costume (3.00-3.30PM), welcome to gangstar (2.00-2.30PM), ada juga movie star parade + Museum angkut yang akan tayang mulai pukul 5 sore, dan yang terakhir pertunjukan three element show pada pukul 7.45 malam. Jika kalian berniat datang ke museum ini untuk menyaksikan beberapa dari pertunjukan tersebut maka itulah jadwal yang perlu diperhatikan.

Untuk masuk ke Museum Transportasi Malang ini kita akan dikenakan biaya retribusi senin-kamis (60rb) jumat-minggu atau hari libur (80rb). Selain tiket untuk orang, pada museum ini jika anda membawa kamera jenis DSLR, Polaroid, Camdig dan handicam maka akan dikenakan biaya 30rb per kameranya. Untuk lokasi tepatnya museum ini berada di jalan terusan sultan agung atas nomor 2 Kota wisata batu jawa timur.

Museum Taman Prasasti Yang Penuh Sejarah Di Tanah Abang

Museum Taman Prasasti ini merupakan sebuah museum cagar budaya peninggalan dari masa saat colonial belanda berada pada negeri ini, museum ini lokasinya tepat berada pada jalan tanah abang nomor 1 jakarta pusat. Koleksi yang dimiliki oleh museum ini yaitu berupa berbagai prasasti nisan kuno dan selain itu ada juga terdapat miniature makam yang khas berasal dari 27 provinsi yang ada di Indonesia dan juga terdapat koleksi kereta jenazah yang antic. Museum ini berada di atas tanah seluas kurang lebih 1,2 Ha, museum ini merupakan salah satu museum ini merupakan salah satu museum terbuka yang ada di Indonesia. Museum ini menampilkan koleksi dari kecanggihan para peseni patung jaman dahulu yang pernah ada, seperti para pemahat, para pembuat kaligrafi atau yang biasa di sebut kaligrafer dan sastrawan yang menjadi satu.

Berdasarkan sejarah, museum ini awalnya adalah sebuah pemakaman umum bersama kebon jahe yang dibangun pada tahun 1795, yang mana dulu kuburan ini di bangun untuk menggantikan kuburan lain yang ada disamping gereja kerk yang sekarang menjadi museum wayang yang sudah penuh kapasitas kuburannya. Makam ini menyimpan koleksi nisan dari jaman sebelumnya karena rata-rata makan yang ada pada kuburan ini dipindahkan dari pemakaman Agen Bola yang lama dari sebelahnya. Sejak tahun 1977 secara resmi komplek pemakaman kebon jahe kober ini dijadikan Museum Taman Prasasti yang dibuka untuk umum dengan berbagai macam koleksi prasasti dengan jumlah makam sebanyak 1372 makan yang semuanya terbuat dari berbagai jenis bahan seperti batu alam, marmer dan ada juga yang dari perunggu. Karena semakin memadatnya dan pekembangan kota Jakarta yang begitu pesat, saat ini luas pemakaman ini hanya tersisa 1,2 Ha dari awalnya 5,5 ha.

Pada Museum Taman Prasasti ini terdapat berbagau macam prasasti dari zaman colonial belanda dan prasasti pada sebelum jaman itu, selain itu terdapat juga makam-makam para petinggi inggris, belanda dan Indonesia atau hindia belanda.

Museum Tekstil Yang Penuh Sejarah

Museum Tekstil ini terletak pada sebuah gedung tua yang berada di Jalan KS Tubun petamburan nomor 4 tanah abang Jakarta barat provinsi DKI Jakarta. Gedung museum ini awalnya adalah rumah pribadi dari seorang yang berkewarganegaraan perancis yang sudah dibangun pada abad ke 19. Kemudian bangunan ini dibeli oleh konsul turki yang menetap di Indonesia, dan tahun 1942 konsul turki tersebut menjual bangunan ini kepada Dr. Karel Christian Cruq. Gedung ini juga cukup bersejarah dalam masa perjuangan kemerdekaan republik Indonesia, pada masa perjuangan gedung ini menjadi markas dari salah satu pasukan yang benama barisan keamanan rakyat (BKR) kemudian pada tahun 1947 rumah ini didiami oleh lie sion pin.

Kemudian setelah mengalami beberapa pergantian kepemilikan dan berganti penghuni hingga tahun 1975 gedung ini diserahkan kepada pemerinta provinsi DKI Jakarta dan barulah pada tahun 1976 gedung ini secara resmi diresmikan sebagai Museum Tekstil oleh ibu Tien Soeharto. Pada museum ini banyak yang akan bisa anda lihat hal yang berkaitan dengan tekstil, diantaranya seperti galeri batik, kebun yang ditanami tumbuhan yang bisa dijadikan pewarna alami untuk tekstil, ada juga perpustakaan yang berisi buku-buku tentang tekstil, laboratorium, ruangan pengenalan wastra, dan toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam souvenir yang bisa anda koleksi, tentunya souvenir ini adalah khas dari tekstil yang menandakan bahwa anda sudah pernah mengunjungi museum ini.

Fungsi dari Museum Tekstil ini adalah untuk memberdayakan dan melestarikan tekstil tradisional yang ada di Indonesia, terkait hal tersebut berbagai macam upaya yang sudah dilakukan yang menuju ke arah pelestarian yang ada pada museum ini. Kegiatan yang bersifat pelestarian dan pengenalan Domino Online tekstil pada museum ini biasanya dikemas pada kegiatan pameran tekstil, seniman, worskshop, publikasi tentang tekstil dan penelitian. Bagi anda yang ingin mengunjungi museum ini, museum ini buka hari selasa sampai dengan hari minggu mulai jam 9.00-15.00 wib, untuk hari besar dan hari libur nasional museum ini tutup.

Museum Indonesia Jakarta Sebagai Warisan Bangsa

Museum Indonesia Jakarta, salah satunya terletak di Kota Tua Jakarta. Jakarta merupakan Ibukota dari Indonesia. Jakarta memiliki museum sebagai penyimpanan peninggalan sebagai objek-objek sumber ilmu pengetahuan. Anda dapat berkujung di museum ini bersama keluarga meskipun hanya untuk jalan-jalan, bersantai, atau untuk mengabadikan moment bersama pasangan anda. Museum sejarah Jakarta, merupakan salah satu musium yang ada di Jakarta. Dimana gedung tersebut dulunya adalah stadhius atau bahasa Belanda sebagai Balai Kota. Museum ini dibangun pada tahun 1707 – 1710, bangunan tersebut menyerupai Istana Dam yang ada di Amsterdam. Ruangan tersebut digunakan sebagai ruang pengadilan, kantor, dan ada juga ruangan bawah tanah.

Museum Wayang, museum tersebut merupakan museum yang berlokasi di Jakarta Barat. Museum ini telah mengalami perombakan selama berkali-kali karena ada suatu hal yaitu bencana alam gempa bumi. Museum Nasional Republik Indonesia merupakan salah satu museum yang dimiliki Indonesia yang letaknya berada di Jakarta. Museum ini biasa disebut dengan nama Museum Gajah, Museum Gajah terlahir pada tahun 1778 tepatnya yaitu pada tanggal 24 April. Tempat ini digunakan untuk mengoloeksi buku dan benda-benda budaya. Museum Seni Rupa dan Bola Keramik merupakan museum yang letaknya di seberang Museum Sejarah Jakarta. Gedung tersebut awalnya digunakan sebagai kantor Dewan Kehakiman pada tahun 1970. Namun setelah tahun 1944 setelah mengalami perjuangan kemerdekaan, dimanfaatkan sebagai asrama militer TNI. Museum Indonesia Jakarta tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi anda yang menyukai nilai sejarah.

Selain itu masih ada juga Museum Indonesia Jakarta tentunya lebih banyak dan menarik lagi. Seperti Museum Taman Prasasti, dimana museum ini menampilkan karya seni pada masa lampau tentang kecanggihan para pematung yang membuatnya. Karena tidak hanya itu saja sastrawan yang membuat seni tersebut, kaligrafer juga salah satu hasil karya sastrawan masa dulu. Untuk saat ini isi dari museum tersebut adalah prasasti pada masa peninggalan Belanda, Inggris, dan Indonesia. Museum Kebangkitan Nasional, dimana untuk isi museum tersebut adalah perlengkapan kesehatan, gantungan lonceng, patung, lukisan, pakaian, senjata, dll.