Museum Taman Prasasti Yang Penuh Sejarah Di Tanah Abang

Museum Taman Prasasti ini merupakan sebuah museum cagar budaya peninggalan dari masa saat colonial belanda berada pada negeri ini, museum ini lokasinya tepat berada pada jalan tanah abang nomor 1 jakarta pusat. Koleksi yang dimiliki oleh museum ini yaitu berupa berbagai prasasti nisan kuno dan selain itu ada juga terdapat miniature makam yang khas berasal dari 27 provinsi yang ada di Indonesia dan juga terdapat koleksi kereta jenazah yang antic. Museum ini berada di atas tanah seluas kurang lebih 1,2 Ha, museum ini merupakan salah satu museum ini merupakan salah satu museum terbuka yang ada di Indonesia. Museum ini menampilkan koleksi dari kecanggihan para peseni patung jaman dahulu yang pernah ada, seperti para pemahat, para pembuat kaligrafi atau yang biasa di sebut kaligrafer dan sastrawan yang menjadi satu.

Berdasarkan sejarah, museum ini awalnya adalah sebuah pemakaman umum bersama kebon jahe yang dibangun pada tahun 1795, yang mana dulu kuburan ini di bangun untuk menggantikan kuburan lain yang ada disamping gereja kerk yang sekarang menjadi museum wayang yang sudah penuh kapasitas kuburannya. Makam ini menyimpan koleksi nisan dari jaman sebelumnya karena rata-rata makan yang ada pada kuburan ini dipindahkan dari pemakaman yang lama dari sebelahnya. Sejak tahun 1977 secara resmi komplek pemakaman kebon jahe kober ini dijadikan Museum Taman Prasasti yang dibuka untuk umum dengan berbagai macam koleksi prasasti dengan jumlah makam sebanyak 1372 makan yang semuanya terbuat dari berbagai jenis bahan seperti batu alam, marmer dan ada juga yang dari perunggu. Karena semakin memadatnya dan pekembangan kota Jakarta yang begitu pesat, saat ini luas pemakaman ini hanya tersisa 1,2 Ha dari awalnya 5,5 ha.

Pada Museum Taman Prasasti ini terdapat berbagau macam prasasti dari zaman colonial belanda dan prasasti pada sebelum jaman itu, selain itu terdapat juga makam-makam para petinggi inggris, belanda dan Indonesia atau hindia belanda.