Museum Tekstil Yang Penuh Sejarah

Museum Tekstil ini terletak pada sebuah gedung tua yang berada di Jalan KS Tubun petamburan nomor 4 tanah abang Jakarta barat provinsi DKI Jakarta. Gedung museum ini awalnya adalah rumah pribadi dari seorang yang berkewarganegaraan perancis yang sudah dibangun pada abad ke 19. Kemudian bangunan ini dibeli oleh konsul turki yang menetap di Indonesia, dan tahun 1942 konsul turki tersebut menjual bangunan ini kepada Dr. Karel Christian Cruq. Gedung ini juga cukup bersejarah dalam masa perjuangan kemerdekaan republik Indonesia, pada masa perjuangan gedung ini menjadi markas dari salah satu pasukan yang benama barisan keamanan rakyat (BKR) kemudian pada tahun 1947 rumah ini didiami oleh lie sion pin.

Kemudian setelah mengalami beberapa pergantian kepemilikan dan berganti penghuni hingga tahun 1975 gedung ini diserahkan kepada pemerinta provinsi DKI Jakarta dan barulah pada tahun 1976 gedung ini secara resmi diresmikan sebagai Museum Tekstil oleh ibu Tien Soeharto. Pada museum ini banyak yang akan bisa anda lihat hal yang berkaitan dengan tekstil, diantaranya seperti galeri batik, kebun yang ditanami tumbuhan yang bisa dijadikan pewarna alami untuk tekstil, ada juga perpustakaan yang berisi buku-buku tentang tekstil, laboratorium, ruangan pengenalan wastra, dan toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam souvenir yang bisa anda koleksi, tentunya souvenir ini adalah khas dari tekstil yang menandakan bahwa anda sudah pernah mengunjungi museum ini.

Fungsi dari Museum Tekstil ini adalah untuk memberdayakan dan melestarikan tekstil tradisional yang ada di Indonesia, terkait hal tersebut berbagai macam upaya yang sudah dilakukan yang menuju ke arah pelestarian yang ada pada museum ini. Kegiatan yang bersifat pelestarian dan pengenalan tekstil pada museum ini biasanya dikemas pada kegiatan pameran tekstil, seniman, worskshop, publikasi tentang tekstil dan penelitian. Bagi anda yang ingin mengunjungi museum ini, museum ini buka hari selasa sampai dengan hari minggu mulai jam 9.00-15.00 wib, untuk hari besar dan hari libur nasional museum ini tutup.