Museum Trinil Bukti Sejarah Peradaban Makhluk Hidup

Museum Trinil ini berada tepat di pinggir sungai bengawan solo, tepatnya berada pada desa kawu, kecamatan kedunggalar, kabupaten ngawi provinsi jawa timur, lokasinya ditempuh sekitar 15 kilometer berada di sebelah barat kota ngawi. Kota ngawi memang sudah dikenal dengan tempat wisata sejarah yang cukup banyak, bahkan sebagian orang menyebut bahwa daerah ini adalah sumber dari berbagai sejarah. Kabupaten ngawi ini merupakan kabupaten paling barat yang masuk ke dalam administrasi wilayah provinsi jawa timur. Situs trinil ini banyak ditemukan fosil purba, jenis fosil yang ditemui tersebut juga beragam, mulai dari manusia, hewan dan juga ada beberapa jenis tumbuhan. Oleh karena penemuan fosil purba tersebut maka dibangunlah sebuah museum untuk mentimpan agar benda sejarah tersebut tidak hilang dan bertujuan untuk memamerkan fosil-fosil tersebut sebagai bahan pembelajaran.

Jika anda akan mengunjungi Museum Trinil ini maka anda tidak akan melihat perbedaan daerah ini dengan daerah lainnya, sama seperti biasanya daerah ini juga banyak rumah warga dan persawahan maupun kebun warga yang mana daerah ini berada di tepian sungai bengawan solo. Setelah anda menyusuri kampong dan kawasan rumah penduduk maka anda akan melihat gapura atau pintu gerbang museum yang bentuknya sangat sederhana lengkap dengan pos retribusi yang ditempeli papan plang betulisan. Untuk tiket masuk pada museum ini tergolong sangat murah dibanding pembelajaran yang akan didapat didalamnya, tariff yaitu 5 ribu rupiah untuk pengunjung domestic dan 10 ribu rupiah bagi pengunjung mancanegara.

Pada bagian halaman museum ini anda akan menemui taman bermain, yang mana taman bermain ini sudah dikonsep sedemikian rupa dengan banyak patung-patung manusia dan hewan purba, selain itu dihalaman Museum Trinil ini anda juga akan melihat bangunan pendopo yang dapat digunakan untuk bersitirahat bagi pengunjung. Itulah ulasan singkat tentang museum yang kaya akan sejarah peradaban manusia di muka bumi, sangat banyak terdapat koleksi yang menceritakan bagaimana sejarah peradaban makhluk hidup di muka bumi ini.