Museum Trowulan Gudangnya Peninggalan Bersejarah Kerajaan Majapahit

Museum Trowulan merupakan museum yang menyimpan koleksi peninggalan bersejarah kerajaan majapahit, museum ini terletak tepatnya di kecamatan trowulan kabupaten mojokerto provinsi jawa timur. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1987 yang mana difungsikan untuk menyimpan berbagai macam artefak dan berbagai temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar daerah trowulan. Tempat ini merupakan salah satu lokasi yang bersejarah dan penting peranannya dalam sejarah Indonesia yaitu sangat erat kaitannya dengan kerajaan majapahit. Koleksi dari museum ini sebagian besar berasal dari peninggalan kerajaan majapahit, selain itu koleksi museum ini juga mencakup beberapa era sejarah yang ada di daerah jawa timur, seperti kerajaan Kediri, kahuripan, dan kerajaan singasari. Posisi tepatnya museum ini terletak di pinngir atau tepi barat kolam segaran, museum ini juga menjadi satu-satunya museum yang memiliki koleksi tentang kerajaan majapahit yang terlengkap di Indonesia.

Sebagai pengelola Museum Trowulan, pihak balai pelestarian dan peninggalan purbakala (BP3) daerah jawa timur selalu memperhatikan sistem keamanan guna menjaga peninggalan sejarah yang sangat berharga ini. Pada museum ini anda akan mengetahui informasi-informasi tentang kerajaan majapahit, beberapa koleksi yang ada pada museum trowulan ini diantaranya berupa miniature candi, mata uang kuno, koleksi arca, alat rumah tangga, guci tanah liat, patung hariti tanpa kepala dan ada yang satu kepala sudah terpisah, yang mana patung ini biasanya dikenal dengan buah dada besar yang dikelilingi oleh anak-anak kecil.

Jika anda melewati atau berada di daerah mojokerto, anda harus menyempatkan waktu untuk mampir ke Museum Trowulan ini, hal tersebut patut dilakukan untuk memperkaya wawasan anda tentang sejarah Indonesia yang sangat kaya akan kebudayaan dan sejarah ini. Harga tiket masuk museum ini tergolong sangat murah yaitu bagi pelajar akan dikenakan tariff sebesar 1500 rupiah dan bagi umum akan dikenakan tariff 2500 rupiah, anda bisa mengunjungi museum ini di hari selasa sampai dengan hari minggu pada jam 7.30 sampai dengan jam 15.30. Untuk hari senin, hari besar dan libur nasional museum ini tutup.