Museum Wayang Sebagai Warisan Dunia

Museum Wayang merupakan salah satu museum yang berdiri di atas lahan seluas 990m2 x 627m2, terletak di jalan pintu besar utara nomor 27 jakarta barat. Gedung yang sekarang dijadikan museum untuk koleksi wayang nusantara ini dulunya merupakan sebuah gedung gereja tua peninggalan belanda yang didirikan pada tahun 1640 oleh VOC, gedung gereja tua ini diberi nama oleh VOC yaitu De Nieuwe Hollansche kerk. Museum ini memamerkan wayang dengan berbagai jenis dan bentuk, hingga saat ini koleksi wayang yang ada pada museum inilebih dari 4000 buah wayang, wayang tersebut terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, wayang topeng, wayang beber, boneka dan gamelan.

Gedung yang terlihat begitu unik ini telah mengalami beberapa kali perombakan, sejak didirikan oleh belanda pada tahun 1640, kemudian direnovasi pertama pada tahun 1723 hingga kemudian hancur pada tahun 1803 diakibatkan oleh gempa bumi dahsyat yang terjadi pada saat itu. Kemudian diatas tanah bekas reruntuhan gereja tua tersebut dibangunlah Museum Wayang dan diresmikan pada 13 agustus tahun 1975. Untuk koleksi pada museum ini, selain wayang juga ada boneka Liga Vip seperti yang disebutkan di atas, boneka yang dipamerkan di museum ini pada umumnya merupakan boneka yang berasal dari eropa, hanya sebagian kecil yang berasal dari negara non eropa seperti dari Thailand, dari tionkok, dari suriname dari kolombia, Vietnam dan india. Untuk pameran, museum ini biasanya mengadakan pameran setiap bulannya, waktunya akan diadakan pada minggu kedua dan minggu ke tiga setiap bulannya.

Museum Wayang ini statusnya sudah diakui oelh PBB sebagai salah satu warisan dunia yang patut dilestarikan, PBB memutuskan hal tersebut pada 7 november tahun 2003. Jika anda ingin berkunjung pada museum ini, museum ini buka hari selasa sampai dengan hari minggu mulai dari pukul 08.00-17.00 wib. Untuk hari senin, hari besar dan libur nasional museum ini tutup. Tiker masuk pada museum ini harganya bervariasi, diatas 5 tahun akan mebayar dengan tariff mulai 1500 rupiah hingga 5000 rupiah sesuai dengan kualifikasinya.