Category Archives: Open Museum

Museum Zoologi Sebagai Tempat Pembelajaran Yang Menarik

Museum Zoologi adalah museum yang terletak di bogor, sesuai dengan namanya museum ini memiliki koleksi yang berhubungan dengan dunia satwa, seperti contohnya fosil hewan maupun berbagai jenis specimen yang sudah diawetkan. Museum ini terbagi menjadi dua bagian, yang mana salah satu bagian dari museum ini dibuka setiap hari untuk umum dan berisi tentang ruang pameran yang terletak pada jalan Ir. H. Juanda Nomor 9 bogor. Untuk museum yang satunya lagi memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai koleksi yang mana hanya dibuka untuk umum pada satu tahun sekali yaitu di bulan oktober setiap tahunnya., untuk letaknya bagian dari museum yang satu ini terletak pada jalan raya bogor Jakarta km 46 tepatnya daerah cibinong, bogor.

Museum Zoologi ini dikelola oleh LIPI bidang zoology pusat penelitian biologi, awalnya museum ini hanya sebagai laboratorium zoology yang bernama landbow zoologich laboratorium yang berdiri dari tahun 1894 dengan penggagasnya yaitu j.C Koningsberger yang merupakan ahli botani berkewarganegaraan jerman. Dulunya laboratorium ini didirikan sebagai wadah untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bidang zoology dan bidang pertanian. Kemudian semenjak tahun 1906 nama laboratorium ini berubah menjadi zoologisch museum and wekplats en laboratories. Museum ini memiliki ruangan yang berjumlah 24 ruangan untuk menyimpan koleksinya, yang mana koleksi ilmiah yang dimiliki oleh museum ini seperti mamalia, burung, ikan, amphibi dan reptile, serangga, moluska dan masih banyak lagi invertebrate lainnya yang bukan golongan moluska dan serangga.

Jika anda tertarik dengan dunia zoology maka museum ini adalah tempat yang baik untuk menambah wawasan anda tentang dunia zoology, karena museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap. Untuk mengunjungi museum ini, museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 7.30 sampai dengan pukul 16.00 dan pada akhir pecan maupun hari libur nasional museum ini tetap buka pukul 7.30 sampai dengan pukul 17.00 wib. Untuk tariff tiket masuk ke Museum Zoologi ini anda hanya perlu membayar 14.000 rupiah saja, harga tersebut sudah termasuk satu paket dengan tiket masuk ke kebun raya bogor.

Museum Tubuh Malang Sebagai Tempat Pembelajaran

Museum Tubuh Malang yang juga dikenal dengan nama The bagong adventure ini adalam museum tubuh manusia yang pertama ada di Indonesia, museum tubuh ini merupakan museum tubuh yang terbesar di asia saat ini. Museum tubuh ini terletak pada area jatim park yaitu di jalan kartika nomor 2 kota wisata batu malang. Museum ini berdiri diatas lahan seluas 1 ha, bentuk bangunan ini terdiri dari satu bangunan yang berwujud tubuh manusia dengan karakter bagong dan terdiri dari 6 lantai yang terdapat di dalam bangunan ini. Jika anda mengunjungi museum ini, maka anda bisa sekaligus mendapatkan pelayanan medical check up secara gratis yang dilakukan oleh tenaga medis terlatih yang bekerja pada ruang pemeriksaan yang terdapat pada museum ini, jenis pemeriksaan yang didapatkan secara gratis tersebut berupa pemeriksaan mata, cek osteoporosis, cek lemak pada tubuh, cek kadar kolestrol cek asam urat dan pengecekan gula darah. Semua fasilitas atau pelayanan kesehatan yang sudah disbutkan itu bisa dinikmati secara gratis bagi setiap pengunjung yang mengunjungi museum tubuh ini.

Pada Museum Tubuh Malang ini anda bisa mempelajari bagian anatomi tubuh manusia, proses pembelajaran yang didapat akan dibantu dengan program dan didukung oleh fasilitas multimedia dengan teknologi yang modern dan terkini guna mendukung dan memberikan pembelajaran yang mudah terdapat pada museum ini. Fasilitas multimedia tersebut bisa membantu and amempelajari bagian tubuh seperti zona telinga, zona mulut dan gigi, zona otak, zona mata, zona jantung, zona pembulu darah dan masih banyak lagi zona lainnya yang terdapat pada tubuh manusia.

Jika anda tertarik untuk datang dan berkunjung ke Museum Tubuh Malang atau yang dikenal dengan The bagong adventure ini, museum ini buka setiap hari mulai dari jam 8.30 hingga jam 16.30 wib, seperti yang sudah dijelaskan di atas, museum ini tidak sulit ditemukan karena terletak di area jatim park. Untuk tiket anda membayar 49rb pada weekday dan 70rb pada weekend.

Museum 3d Semarang Destinasi Wisata Baru

Museum 3D Semarang ini merupakan salah satu destinasi wisata baru yang terletang di daerah kota lama semarang, seluruh sudut museum ini penuh dihiasi oleh foto maupun gambar tiga dimensi atau yang biasa dikenal dengan 3D, semua koleksi gambar maupun foto 3 dimensi ini disajikan dengan peranan sentuhan seni modern. Setiap pengunjung bebas menikmati melihat-lihat dan tentunya harus berfoto agar momen yang ada pada museum ini bisa diabadikan dalam pengalaman hidup melihat seni yang nyata yang ada pada museum ini. Untuk letak secara persisnya museum ini berada di jalan letjend suprapto nomor 26 daerah kota lama semarang.

Selama ini jika kalian mendengar nama museum pasti kalian berpikiran bahwa tempat tersebut selalu indentik dengan kesan yang membosankan, sejarah dan ada beberapa yang gelap. Namun hal berbeda yang pasti akan kalian temui jika kalian berkunjung ke museum yang ada di kota lama semarang ini, Museum 3D Semarang ini merupakan salah satu museum di Indonesia yang menampilkan kesan yang paling beda dan modern. Puluhan gambar, foto maupun lukisan 3 dimensi dapan anda temui di berbagai sudut museum ini yang terpajang rapi dan bisa anda nikmati dengan bebas berfoto.

Bagi anda yang ingin mengunjungi museum ini, museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00-22.00 wib, sebelum mengunjungi museum ini anda jangan lupa untuk menyiapkan senjata yang jika tidak anda bawa maka anda akan menyesal, anda harus membawa kamera walaupun hanya kamera hp tapi bisa mengabadikan momen anda ketika berada di dalam Museum 3D Semarang ini. Untuk tiket masuk pada museum ini anda harus menyiapkan uang 50 ribu per orangnya, dengan tiket masuk yang sudah anda bayarkan maka anda bebas menimati suasana yang ada didalam museum hingga museum ini tutup jika anda mau. Museum ini merupakan tempat yang cocok bagi anda yang ingin mengajak keluarga, teman ataupun pacar, anda dan anggota keluarga akan bebas berekspresi berfoto pada frame ataupun baground yang ada pada museum ini ang berbentuk 3 dimensi.

Suasana Kesejukan Lereng Merapi Di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang terbaik di Indonesia menurut pilhan witawan pada website trip advisor. museum ini berdiri kokoh di lereng gunung merapi yang tentunya masih sangat asri terasa damai dan penuh dengan kesejukan, terletak tepatnya di jalan boyong daerah kaliurang kabupaten sleman provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Museum ini berisikan beraneka ragam koleksi yang sangat menawan dan indah untuk dilihat, beragam budaya jawa dan berbagai macam peninggalan dari kerajaan mataram bisa kamu jumpai pada museum ini. Jika anda mengunjungi museum ini, maka kalian akan merasakan hawa sejuk yang mana suhu pada daerah tempat museum ini berada yaitu berkisar pada 15-25 derajat celcius.

Sebagai museum terbaik di Indonesia, tentunya museum ini tidak bergitu saja puas sampai disitu saja, pelayanan dan tata kelola museum ini selalu ditingkatkan demi kenyamanan para pengunjungnya. Setiap wisatawan yang mengunjungi Museum Ullen Sentalu ini akan dipandu oleh seorang gaet atau pemandu yang sudah berpengalaman tentunya, pemandu tersebut akan menjelaskan secara rinci tentang museum tersebut. Koleksi yang ada pada museum ini tertata sangat rapi, koleksi yang ada dibagi jadi beberapa ruang, yang mana ruang pertama terdiri dari ruang seni dan gamelan yang tentunya menyimpan beberapa koleksi gamelan jawa. Ruang berikutnya yaitu guwo selogiri, yaitu ruang pamer yang memamerkan lukisan toko-tokoh kerajaan mataram. Selanjutnya pada kampong kembang juga terbagi 5 ruangan pamer yang berisi koleksi batik hingga album kehidupan GRKay Siti Nurul Kusumawardhani dan yang terahir yaitu ruang sesana sekar buwana yang merupakan museum outdor.

Museum Ullen Sentalu ini juga bisa kamu kunjungi sebagai alat pembelajaran kebudayaan jawa, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan jawa dan kerajaan mataram. Untuk biaya retribusi masuk pada museum ini akan dikenakan tariff pengunjung domestic dewasa 30rb rupiah dan anak-anak (5-16 tahun) 15rb rupiah. sedangkan bagi kamu pengunjung mancanegara akan dikenakan tariff dewasa 50rb rupiah dan anak-anak dengan usia 5-16 tahun 30rb rupiah.

Museum Indonesia di Belanda yang Bersejarah

Museum Indonesia di Belanda merupakan tempat peninggalan pada zaman dahulu bangsa Belanda memang salah satu bangsa yang menjajah Indonesia. Penjajahan ini tidak berupa sumber daya alam saja, namun dengan penjajahan romusha. Banyak benda yang di miliki oleh Indonesia di angkut oleh bangsa Belanda tentunya pada masa penjajahan dulu. Pada dasarnya dari pemerintah Indonesia juga pernah meminta barang-barang milik Indonesia yang berada di Belanda untuk diambilnya, namun hingga sampai sekarang ini tidak di kembalikannya oleh bangsa Belanda. Padahal barang-barang tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat luar biasa di Indonesia.

Peninggalan sejarah museum Indonesia di Belanda diantaranya adalah Patung Ken Dedes. Patung Ken Dedes ini adalah patung seorang putri Empu Purwa, yaitu seorang pendeta Budha Mahayana. Pada tahun 1819 pemerintahan dari kolonial Hindia Belanda menemukan patung Ken Dedes di beberapa reruntuhan candi Singosari. Namun dengan ditemukannya patung tersebut pemerintahan Belanda membawanya Patung Ken Dedes yang menjadi kebanggan mereka untuk di bawa ke Kota Leiden yaitu di Belanda. Prasasti Sangsang, prasasti tersebut merupakan salah satu barang berharga yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Namun naasnya prasasti yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tidak ada di Indonesia, namun berada di Museum Tropen. Dimana museum tersebut berada di Rotterdam, Kota Leiden yang ada di Belanda.

Patung Ganesha dan Anusapati, ini juga merupakan salah satu barang berharga yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dimana benda tersebut di ambil di Candi Singasari dan Candi Kidal. Kedua patung tersebut tersimpan di museum yang berada di Belanda, yaitu di Kota Leiden. Keris dan senjata para Raja yang ada di Indonesia juga ada di Belanda. Padahal barang tersebut juga merupakan barang yang dikagumi oleh presiden RI pertama yaitu Bung Karno. Naskah Kuno yang di miliki oleh Keraton Surakarta merupakan barang yang ada di Belanda. Banyak bukan museum Indonesia di Belanda, seharusnya barang tersebut harus ada di Indonesia, sebagai barang peninggalan sejarah yang berharga.