Category Archives: Tips & Tutorial

Museum Trowulan Gudangnya Peninggalan Bersejarah Kerajaan Majapahit

Museum Trowulan merupakan museum yang menyimpan koleksi peninggalan bersejarah kerajaan majapahit, museum ini terletak tepatnya di kecamatan trowulan kabupaten mojokerto provinsi jawa timur. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1987 yang mana difungsikan untuk menyimpan berbagai macam artefak dan berbagai temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar daerah trowulan. Tempat ini merupakan salah satu lokasi yang bersejarah dan penting peranannya dalam sejarah Indonesia yaitu sangat erat kaitannya dengan kerajaan majapahit. Koleksi dari museum ini sebagian besar berasal dari peninggalan kerajaan majapahit, selain itu koleksi museum ini juga mencakup beberapa era sejarah yang ada di daerah jawa timur, seperti kerajaan Kediri, kahuripan, dan kerajaan singasari. Posisi tepatnya museum ini terletak di pinngir atau tepi barat kolam segaran, museum ini juga menjadi satu-satunya museum yang memiliki koleksi tentang kerajaan majapahit yang terlengkap di Indonesia.

Sebagai pengelola Museum Trowulan, pihak balai pelestarian dan peninggalan purbakala (BP3) daerah jawa timur selalu memperhatikan sistem keamanan guna menjaga peninggalan sejarah yang sangat berharga ini. Pada museum ini anda akan mengetahui informasi-informasi tentang kerajaan majapahit, beberapa koleksi yang ada pada museum trowulan ini diantaranya berupa miniature candi, mata uang kuno, koleksi arca, alat rumah tangga, guci tanah liat, patung hariti tanpa kepala dan ada yang satu kepala sudah terpisah, yang mana patung ini biasanya dikenal dengan buah dada besar yang dikelilingi oleh anak-anak kecil.

Jika anda melewati atau berada di daerah mojokerto, anda harus menyempatkan waktu untuk mampir ke Museum Trowulan ini, hal tersebut patut dilakukan untuk memperkaya wawasan anda tentang sejarah Indonesia yang sangat kaya akan kebudayaan dan sejarah ini. Harga tiket masuk museum ini tergolong sangat murah yaitu bagi pelajar akan dikenakan tariff sebesar 1500 rupiah dan bagi umum akan dikenakan tariff 2500 rupiah, anda bisa mengunjungi museum ini di hari selasa sampai dengan hari minggu pada jam 7.30 sampai dengan jam 15.30. Untuk hari senin, hari besar dan libur nasional museum ini tutup.

Museum Wayang Sebagai Warisan Dunia

Museum Wayang merupakan salah satu museum yang berdiri di atas lahan seluas 990m2 x 627m2, terletak di jalan pintu besar utara nomor 27 jakarta barat. Gedung yang sekarang dijadikan museum untuk koleksi wayang nusantara ini dulunya merupakan sebuah gedung gereja tua peninggalan belanda yang didirikan pada tahun 1640 oleh VOC, gedung gereja tua ini diberi nama oleh VOC yaitu De Nieuwe Hollansche kerk. Museum ini memamerkan wayang dengan berbagai jenis dan bentuk, hingga saat ini koleksi wayang yang ada pada museum inilebih dari 4000 buah wayang, wayang tersebut terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, wayang topeng, wayang beber, boneka dan gamelan.

Gedung yang terlihat begitu unik ini telah mengalami beberapa kali perombakan, sejak didirikan oleh belanda pada tahun 1640, kemudian direnovasi pertama pada tahun 1723 hingga kemudian hancur pada tahun 1803 diakibatkan oleh gempa bumi dahsyat yang terjadi pada saat itu. Kemudian diatas tanah bekas reruntuhan gereja tua tersebut dibangunlah Museum Wayang dan diresmikan pada 13 agustus tahun 1975. Untuk koleksi pada museum ini, selain wayang juga ada boneka seperti yang disebutkan di atas, boneka yang dipamerkan di museum ini pada umumnya merupakan boneka yang berasal dari eropa, hanya sebagian kecil yang berasal dari negara non eropa seperti dari Thailand, dari tionkok, dari suriname dari kolombia, Vietnam dan india. Untuk pameran, museum ini biasanya mengadakan pameran setiap bulannya, waktunya akan diadakan pada minggu kedua dan minggu ke tiga setiap bulannya.

Museum Wayang ini statusnya sudah diakui oelh PBB sebagai salah satu warisan dunia yang patut dilestarikan, PBB memutuskan hal tersebut pada 7 november tahun 2003. Jika anda ingin berkunjung pada museum ini, museum ini buka hari selasa sampai dengan hari minggu mulai dari pukul 08.00-17.00 wib. Untuk hari senin, hari besar dan libur nasional museum ini tutup. Tiker masuk pada museum ini harganya bervariasi, diatas 5 tahun akan mebayar dengan tariff mulai 1500 rupiah hingga 5000 rupiah sesuai dengan kualifikasinya.

Beberapa Referensi Museum Indonesia Wedding

Museum Indonesia wedding atau pernikahan merupakan salah satu tempat yang diinginkan oleh beberapa orang yang memiliki hubungan cinta yang serius. Tentunya untuk persiapannya sendiri sangatlah krusial. Sebelum adanya pernikahan tentunya harus menyiapkan lebih matang sebelum hari H. Karena tidak mudah dan tidak bisa untuk melakukan acara sebesar pernikahan dengan mengerjakan yang sangat mepet waktunya. Bagi anda yang ingin melakukan pernikahan tentunya juga menginginkan tempat yang indah dan romantis untuk acara pernikahan anda. Anda tidak perlu khawatir akan dimana tempat dan lokasi yang cocok untuk diadakannya acara pernikahan anda.Tentunya juga yang bisa menjadi solusi untuk wedding anda.

Museum Indonesia wedding yang pertama adalah di museum Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa lokasi museum Indonesia ini jika dilakukannya acara wedding sangatlah menarik untuk acara pernikahan. Bagi anda yang ingin melakukan pernikahan di lokasi tersebut bisa menggunakan ruangan outdoornya. Museum Indonesia ini memiliki nuansa yang kental dengan adat dan isti adat yaitu seperti nuansa Bali dan konsep lainnya juga. Selanjutnya Anjungan Jawa Timur, tempat ini merupakan tempat solusi wedding anda yang menginginkan nuansa yang ciri khas dengan Jawa Timuran. Ada juga satu lokasi yang mmemiliki nuansa Jawa Tengahan, yaitu di anjungan Jawa Tengah. Selanjutnya museum Perangko, museum tersebut juga bisa menjadi salahsatu lokasi wedding anda.

Puri capinggunung, ini juga bisa menjadi salah satu solusi untuk tempat wedding anda. Dimana lokasi puri caping berada di Taman Mini Indonesia Indah. Perlu anda ketahui bahwa lokasi wedding ini berada di dalam ruangan, namun dalam ruangan tersebut juga bisa di konsepkan sebagai pernikahan outdoor. Keong Mas, letaknya juga masih sama dengan lokasi sebelumnya yaitu di Taman Mini Indonesia Indah. Konsep wedding ini bisa berupa konsep outdoor, dimana ketika anda mendekorasi tempat tersebut anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menarik yaitu dari bangunan keong mas tersebut. Beberapa penjelasan diatas merupakan beberapa museum Indonesia wedding, yang bisa menjadi solusi untuk anda. Dengan adanya beberapa tempat pernikahan tersebut tentunya dapat membantu dan mengatasi masalah pernikahan anda.